ABSTRAK : Internalisasi Nilai-Nilai Islami Terhadap Anak Autis (Studi Kasus Kelas 5 dan 6 SDLB B dan C di SLB Al-Gaffar Guchany Pondok Gede Kota Bekasi)
ABSTRAK
AMALIA SAFITRI. Internalisasi
Nilai-Nilai Islami Terhadap Anak Autis (Studi Kasus Kelas 5 dan 6 SDLB B dan C
di SLB Al-Gaffar Guchany Pondok Gede
Kota Bekasi). Skripsi Program Studi Ilmu Pendidikan Islam, Jurusan Ilmu Agama
Islam, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, Juli 2013.
Internalisasikan nilai-nilai Islami sangat penting bagi semua anak, baik untuk anak yang normal maupun autis. Anak-anak yang
memiliki gangguan autisme pun perlu diinternalisasikan dan dijelaskan mengenai
nilai-nilai Islami kepada mereka.
Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui internalisasi nilai-nilai islami terhadap anak autis
kelas 5 dan 6 SDLB di SLB Al-Gaffar Guchany.
Metode yang digunakan penelitian ini adalah metode studi kasus.
Dalam pengumpulan datanya peneliti menggunakan wawancara dan observasi. Teori yang digunakan sebagai alat analisis dalam
penelitian ini adalah teori internalisasi dan nilai-nilai Islami.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai
yang diinternalisasikan oleh guru ialah nilai akhlak pribadi, nilai akhlak
keluarga, nilai akhlak sosial, dan nilai akhlak terhadap negara. Dari keempat
nilai ini guru sudah melakukan ketiga tahapan tersebut yaitu tahap transformasi
nilai, tahap transaksi nilai dan tahap transinternalisasi nilai. Namun pada
akhlak sosial hanya satu bidang saja yang tidak berhasil yaitu anak-anak autis
masih belum bisa bersosialisasi dengan teman-temannya dengan baik. Serta adanya
perubahan-perubahan yang terjadi setelah guru menginternalisasikan nilai-nilai
Islami yaitu perubahan pada ranah kognitif, afektif dan psikomotoriknya. Dari
hasil penelitian tersebut peneliti menyarankan agar guru-guru selalu kreatif
dalam mengajarkan anak-anak autis dan harus mencoba metode-metode yang beragam
dalam mengembangkan potensi-potensi anak-anak autis.
ABSTRAK
AMALIA
SAFITRI. The internalization of
Islamic values to the Autistic child (case
study of class
of 5 and 6 SDLB B and C in SLB
Al-Gaffar Guchany Pondok Gede – Bekasi
City). Mini thesis - Program of Study
of Islamic Education
Science, Jakarta State University, July 2013.
To
internalize the islamic value
is very important for
all children, for both the normal child
and also autis. The children
who have the
disorder of autisme also important to
be internalized and be
described about the
islamic value to them.
The purpose
of this study is to know
the internalization of
islamic value for
the autistic children
of class of 5 and 6 SDLB in SLB Al-Gaffar Guchany.
Method
used on
this research is case
study method. In collecting
of its data
the researcher use
interview and observation .
Theory that be used as
analysis tool in this research
is theory of
internalization and islamic
value.
The
research namely the
internalized value by the
teacher is private
islamic attitude value, family religion
attitude, social religion attitude
and religion attitude to
the country. From
four value teache
have ben do all three step
namely value transformasion
step step of
value transaction and step
of value
transinternalization.But in social
religion attitude. But in
social religion value
is only one
sector which is
not success namely the
autis child who still
do not success
yet in socialization to
their friends well.Also there
are changings occurred
alter teacher internalize
the value of
islamic namely the
changing in cognitive
media, affective and its psychomotoric.From the
result of such research the researcher
suggest in order that the
teacher always creative
in teaching the autis
child and must
try the various
method in developing the
potency of autis chid
التجريد
أماليا سافيتري. استيعاب القيم الإسلامية عند الأطفال الموحدين (الدراسة
الأحوالية في الصف 5 و 6 المدرسة الإبتدائية للمعوقين ب و ج عند مدرسة المعوقين
الغفار غوجاني بوندوك غادي مدينة باكاسي). بحث
علمي، شعبة علوم التربية الإسلامية، قسم الدراسات الإسلامية، كلية العلوم
الاجتماعية جامعة جاكرتا الحكومية، عام 2013.
يعتبر استيعاب القيم الإسلامية لطلاب الموحدين وغيرهم من
أمر مهم. والطلاب ذوي معوقات الموحدة تحتاج إلى تربية القيم الإسلامية.
ويهدف هذا البحث إلى معرفة استيعاب القيم الإسلامية عند
طلاب المعوقين الصف 5 و 6 مدرسة المعوقين الغفار غوجاني.
والطريقة المستخدمة لهذا البحث هي الدراسة الأحوالية. ويتم
جمع البيانات بالمقابلة والملاحظة. والنظرية المستخدمة لتحليل البحث النظرية
الاستيعابية والقيم الإسلامية.
تشير
نتيجة البحث إلى أن القيم التي لابد أن سيطرها المدرس هي القيم الأخلاقية الشخصية
والأسرية، والاجتماعية، والحبية على الوطن. ومن هذه القيم الأربع قام المدرس
بثلاثة منها هي الايصال والاحتكاك والاستيعاب. ولكن هناك مجال واحد الذي لم يكمله
المدرس وهو عدم استطاعة الطلاب على القيام بالعلاقة مع زملائهم بشكل جيد. وهناك
التغيرات الجيدة بعد أن قام المدرس بايصال القيم الإسلامية وهي التغير في المجال
المعرفي والوجداني والحراكي.
واعتمادا
على هذا الاستنتاج تمكن الباحثة التوصية: على المدرس أن يخترع في التدريس ويستخدم
طريقة التدريس المتنوعة لترقية قدرات الطلاب الموحدين.
Dikhususkan dan hadiah untuk :
Kedua Orang Tua ku dan Kakak Tercinta :))
by. Amalia Safitri
Komentar
Posting Komentar